Thursday, April 5, 2018

5 jenis makanan menyebabkan Perut kembung

5 jenis makanan menyebabkan Perut kembung

5 jenis makanan menyebabkan Perut kembung

Perut kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Keluhan-keluhan ini sering muncul dan sering diabaikan, meskipun mereka tidak dapat diremehkan. Ada banyak penyebab perut kembung, salah satunya adalah konsumsi makanan.

Lihat Juga : 3 Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Banyak orang tidak menyadari bahwa makanan dapat menyebabkan perut kembung. Ketika pencernaan penuh dengan udara atau gas, itu dapat menyebabkan gejala perut kembung. Sering ditandai dengan perut kenyang, gelisah, kadang-kadang perut terlihat membesar. Biasanya ketika seseorang mengalami kembung, perut akan terasa sakit, sehingga akan mengganggu aktivitas.

Berbagai jenis makanan menyebabkan Perut kembung

Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut kembung:

1. Apel

Meskipun kaya vitamin C, serat dan antioksidan, beberapa orang mungkin menderita perut kembung dan masalah pencernaan lainnya setelah makan apel. Ini karena apel mengandung serat tinggi dan fruktosa (kandungan gula dalam buah).

Jika apel adalah buah favorit Anda, tetapi sering menyebabkan masalah pencernaan, itu adalah ide yang baik untuk mengurangi risiko kembung setelah makan apel atau ketika sudah diproses atau dimasak.

Lihat Juga : 5 Resiko Kehamilan Karena Makanan Manis

2. Makanan tinggi natrium

Makanan dengan kandungan natrium tinggi dan kandungan serat rendah, termasuk makanan yang menyebabkan perut kembung. Makanan tinggi sodium seperti mi instan dan kudapan kemasan. Hati-hati saat membeli kontainer atau makanan kaleng. Periksa nilai gizi melalui label produk untuk menentukan kandungan natrium.

3. Bawang bombai

Bawang sering digunakan sebagai bumbu makanan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, bawang adalah salah satu makanan fruktosa tinggi yang dapat menyebabkan kembung serat larut. Terutama pada orang yang sensitif terhadap pencernaan bawang, atau pada orang yang makan makanan mentah.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Kuas MakeUp.!

4. Produk susu

Produk susu, seperti susu segar, keju, yogurt, keju krim dan mentega, kaya akan protein dan kalsium. Tetapi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa, mengonsumsi produk susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mengakibatkan kembung, kram perut, dan diare.

5. Makanan Kaya Lemak

Makanan yang kaya lemak juga bisa menyebabkan perut kembung. Karena itu, makanan berlemak seringkali lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Karena itu, untuk menghindari kembung, hindari mengonsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan.

Cara mengatasi dan mencegah perut kembung

Mengatasi masalah perut kembung sering dapat dimulai dengan mengubah gaya hidup. Juga catat apa yang Anda makan setiap hari. Ketika Anda mengalami kembung, buka kembali catatan Anda dan lihat makanan apa yang Anda makan sebelumnya. Melalui daftar itu, Anda dapat menemukan makanan yang menyebabkan perut Anda membengkak dan menghindarinya.

Lihat Juga : 5 Penyebab Penuaan Dini

Jika Anda telah menerapkan metode ini, tetapi masih memiliki perut kembung, minum obat untuk mengatasi perut kembung bisa menjadi pilihan. Obat-obatan yang mengatasi perut kembung di pasar agak terdiversifikasi. Salah satunya adalah obat yang mengandung enzim pencernaan. Jumlah enzim pencernaan yang ditemukan dalam kelas obat ini dapat membantu mencerna makanan yang dikonsumsi.

Namun, penggunaan obat yang mengandung enzim pencernaan tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambilnya.

Pilihan lain yang bisa mengatasi perut kembung adalah obat yang mengandung enzim dari bahan alami. Misalnya, enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas segar dikenal untuk kesehatan pencernaan. Tidak heran, nanas bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi perut kembung.

Lihat : Makalah waralaba

Selain nanas, bahan alami yang juga dipercaya dapat membantu mengatasi perut kembung meliputi:

1. Jahe

Kandungan enzim yang terkandung dalam jahe diyakini berkontribusi pada penyerapan protein yang tepat untuk mengurangi produksi perut kembung.

2. Kunyit

Ini sering merupakan bahan alami yang ditemukan di dapur, itu dianggap efektif anti-inflamasi, dan itu juga berguna untuk mengatasi berbagai penyakit gastrointestinal, termasuk manfaat kunyit dalam mengurangi tingkat gas di saluran pencernaan.

3. Peppermint

Mint dapat melenturkan otot-otot saluran pencernaan untuk menghilangkan gas yang terperangkap di perut.

Lihat Juga : 3 Penyebab Jerawat Pasir di Wajah

Meskipun mereka terus mempelajari manfaat kesehatan pencernaan, bahan alami ini telah lama dikenal dan digunakan sebagai obat untuk mengobati perut kembung.

Mengubah gaya hidup Anda dan mengambil obat yang tepat adalah solusi untuk masalah perut kembung yang sering Anda temui. Untuk mencegahnya, hindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan perut kembung.

Saat makan, perlahan mengunyah makanan, jangan makan makanan tambahan. Makan dengan cepat dan berlebihan dapat menyebabkan udara terperangkap di perut hingga menyebabkan perut kembung. Jika keluhan terus berlanjut dan semakin mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang tepat.

Keyword : penyebab perut kembung dan mual, perut kembung dan keras, penyebab perut kembung pada bayi, obat dokter untuk perut kembung, mengatasi perut kembung karena maag, penyebab perut sering kembung dan begah, perut kembung dan mencret, perut kembung pada anak


Source : Antontasik.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Cintapada Berdaya