15 Gejala Utama Kanker | Harus Tahu - Info Kesehatan Terbaik

Jumat, 01 Februari 2019

15 Gejala Utama Kanker | Harus Tahu

15 Gejala Utama Kanker | Harus Tahu

Kanker menempati urutan kedua dalam penyebab kematian utama di dunia. Setidaknya 15 gejala mungkin merupakan tanda-tanda kanker dan perlu diawasi, terutama jika terus terjadi atau bahkan lebih buruk.

Meskipun sulit untuk menentukan penyebab pasti kanker, Anda perlu mengetahui berbagai faktor risiko untuk kanker. Dari pola diet dan gaya hidup tidak sehat hingga genetika.

Lihat Juga : Bahaya Kanker Payudara

Pahami 15 gejala utama kanker

Memahami gejala kanker dapat membantu Anda menemukan kanker sejak dini. Berikut adalah gejala kanker yang perlu Anda perhatikan:

1. Berubah di mulut
Kanker mulut biasanya terjadi pada perokok dan ditandai dengan bercak merah, abu-abu atau kuning cerah pada mulut dan lidah. Keluhan ini sering disertai dengan pembengkakan mulut, dan kemudian mulut sering berdarah tanpa alasan yang jelas, serta mati rasa pada mulut dan wajah.
2. Nyeri saat menelan
Nyeri adalah normal ketika menelan makanan jika Anda batuk atau mengalami infeksi streptokokus. Namun, kanker laring atau lambung memiliki gejala yang sama, terutama jika disertai dengan muntah atau penurunan berat badan yang parah tanpa banyak usaha, dalam waktu yang relatif singkat.
3. Hemoptisis
Batuk berlangsung selama lebih dari empat minggu dan disertai dengan darah yang mungkin merupakan gejala kanker paru-paru. Dapat disertai dengan hilangnya nafsu makan, kelelahan yang berlebihan dan penurunan berat badan.

Lihat Juga : 10 Anjuran Makanan Sumilangen Nyeri Haid

4. Mulas
Mulas tidak pernah hilang, rasanya sangat mengganggu, dan tidak berkurang dengan pengobatan konvensional, mungkin gejala kanker ovarium, kanker tenggorokan dan kanker lambung.
5. Perut kembung
Perut yang terasa penuh atau terus-menerus tertekan, dengan pendarahan vagina atau penurunan berat badan yang signifikan mungkin merupakan tanda kanker usus, kanker pankreas atau kanker ovarium.
6. Gangguan buang air kecil
Pendarahan jangka panjang di sekitar perubahan pergerakan usus seperti BAB atau BAK mungkin merupakan penyakit yang lebih serius, seperti kanker usus besar, ginjal atau kandung kemih.
7. Depresi dan sakit perut
Meskipun sangat jarang, depresi dengan nyeri perut jangka panjang mungkin merupakan gejala kanker pankreas.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Payudara Kecil

8. Pendarahan saat menstruasi
Pendarahan menstruasi yang berlebihan atau aliran menstruasi, jumlah sel darah yang berlebihan mungkin merupakan tanda kanker endometrium atau kanker dinding rahim
9. Perubahan testis
Kanker testis biasanya dimulai dengan massa yang menyakitkan di testis pria. Ini juga dapat disertai dengan efusi skrotum, yang berat dan menyakitkan seperti luka tusuk.
10. Nyeri di bagian tubuh tertentu
Nyeri berlebihan atau persisten dapat menjadi tanda kanker di bagian tubuh tertentu. Misalnya, sakit kepala yang terjadi terus menerus mungkin merupakan tanda tumor otak yang dapat mengindikasikan kanker ovarium, kanker usus besar, atau kanker anal.
11. Ubah kulit
Kanker kulit ditandai oleh perubahan warna kulit, kemerahan pada kulit, pengerasan permukaan atau sisik, pembesaran ukuran rahang yang berkelanjutan, atau massa yang mencurigakan pada permukaan kulit.
12. Perubahan payudara
Kanker payudara yang terjadi pada pria dan wanita memiliki gejala yang sama, yaitu, benjolan muncul dari payudara, kulit payudara yang keriput menyerupai kulit oranye dan berwarna kemerahan, menyakitkan, dan ada cairan atau darah yang mengalir dari puting.

Lihat Juga : Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Aman

13. Penurunan berat yang dramatis
Kanker pankreas, kanker lambung, dan kanker paru-paru sering disertai dengan gejala awal penurunan berat badan yang parah. Penurunan berat badan ini terjadi dengan mudah dalam waktu singkat.
14. Demam
Leukemia atau kanker darah lainnya biasanya dimulai dengan gejala demam yang berkepanjangan, gejala-gejala ini tidak hilang dan tidak ada penyebab yang jelas.
15. Kelelahan itu tak pernah pudar
Bahkan jika Anda cukup istirahat, selalu merasa lelah mungkin merupakan gejala kanker. Padahal, kelelahan bisa menjadi pertanda kanker berkembang.
Waspada terhadap gejala kanker dapat membantu dokter mendeteksi kanker sejak dini. Semakin cepat kanker terdeteksi, semakin besar kemungkinan untuk dirawat.

Gejala-gejala di atas patut diperhatikan, tetapi ini tidak berarti bahwa jika Anda telah mengalami gejala-gejala ini, Anda dapat yakin bahwa Anda menderita kanker. Jika gejalanya tidak surut atau memburuk, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter. Dengan cara ini, dokter dapat mengetahui mengapa sehingga dapat memberikan perawatan yang Anda butuhkan.

Lihat Juga :

Keyword : gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker otak, gejala kanker usus, gejala kanker ovarium, gejala kanker perut, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker paru, gejala kanker hati, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar