5 Cara Mengatasi Penyebab Flek Saat Hamil - Info Kesehatan Terbaik

Selasa, 25 Desember 2018

5 Cara Mengatasi Penyebab Flek Saat Hamil

5 Cara Mengatasi Penyebab Flek Saat Hamil

Flek selama kehamilan cukup banyak keluhan, terutama pada tahap awal kehamilan. Namun, ini tidak berarti bahwa penampilannya mungkin diabaikan. Dalam beberapa kasus, flek mungkin merupakan tanda penyakit yang lebih serius, terutama jika disertai dengan gejala abnormal lainnya.

Flek-flek selama kehamilan terjadi ketika Anda melihat tetesan darah merah, merah muda atau coklat pada vagina. Bintik-bintik selama kehamilan adalah umum. Sekitar 20% wanita hamil mengalami kondisi ini, terutama selama trimester pertama kehamilan. Kondisi ini juga lebih sering terjadi pada wanita yang hamil dengan fertilisasi in vitro atau IVF.

Flek selama kehamilan biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dalam 3-5 hari. Namun sayangnya, bintik-bintik selama kehamilan juga dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius, termasuk keguguran, jika disertai dengan tanda-tanda gejala lain, seperti perdarahan masif atau nyeri hebat.

Berbagai penyebab flek selama kehamilan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan flek selama kehamilan. Karena itu, amati berbagai kemungkinan penyakit dan kondisi yang mungkin tampak bintik-bintik selama kehamilan.

  • Pendarahan implan
Salah satu penyebab utama bintik-bintik selama kehamilan adalah perlekatan embrio ke dinding rahim. Pendarahan terjadi karena proses melekatkan embrio ke dinding rahim disebut pendarahan implan. Ini biasanya terjadi 6-12 hari setelah proses pembuahan.

  • Infeksi vagina atau serviks
Sebagian infeksi organ reproduksi dapat menjadi penyebab flek selama kehamilan. Infeksi ini disebabkan oleh radang dinding vagina atau leher rahim dan menyebabkan iritasi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan infeksi vagina dan serviks, seperti penyakit menular seksual (seperti infeksi gonore, herpes, dan klamidia) atau non-seksual (seperti bakteri vaginosis).

  • Munculnya polip uterus
Polip uterus juga dapat menyebabkan flek selama kehamilan. Polip yang tumbuh di leher rahim biasanya tidak berbahaya dan muncul karena tingginya kadar hormon estrogen selama kehamilan.

5 Cara Mengatasi Penyebab Flek Saat Hamil


  • Stimulasi serviks
Bintik-bintik selama kehamilan juga dapat terjadi karena stimulasi serviks. Stimulus ini biasanya terjadi setelah Anda berhubungan seks, setelah pemeriksaan panggul atau serviks, hingga USG melewati vagina. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena itu tidak akan menyakiti janin Anda.

  • Kelainan plasenta
Penyakit plasenta, seperti plasenta previa, merobek plasenta dari dinding rahim, dan pertumbuhan plasenta yang lebih dalam pada miometrium (implan plasenta) juga dapat menjadi penyebab flek selama kehamilan. Namun, penyakit ini biasanya menyebabkan gejala pada trimester kedua atau trimester ketiga dan dapat dideteksi sejak dini dengan perawatan antenatal rutin dan USG kehamilan.

  • Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim adalah suatu kondisi di mana sel telur yang dibuahi tidak menempel pada rahim, tetapi tumbuh di luar rahim seperti saluran tuba. Selain bintik-bintik selama kehamilan, kondisi ini disertai dengan rasa sakit yang parah di perut bagian bawah atau panggul, sakit kepala parah dan gejala lemah. Namun, kasus kehamilan ektopik hanya terjadi pada 2 dari 100 kehamilan.

  • Kehamilan mola atau kehamilan anggur
Penyebab lain flek selama kehamilan adalah kehamilan molar atau hamil anggur. Ini terjadi ketika telur yang dibuahi tidak berkembang dengan baik. Hasilnya adalah tas hamil, tetapi janin tidak berkembang di dalamnya.

Untuk mengurangi risiko bintik-bintik selama kehamilan, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Istirahat yang cukup, terutama tidur siang.
  2. Batasi aktivitas fisik yang berat.
  3. Asupan cairan yang cukup.
  4. Angkat kaki Anda saat Anda duduk atau berbaring.
  5. Hindari mengangkat beban lebih dari 4,5 kg.
Wanita yang mengalami flek selama kehamilan tanpa tanda-tanda gejala lainnya sering tidak mengalami masalah dan masih menerima persalinan normal. Namun, jika bintik-bintik selama kehamilan menjadi pendarahan, ada baiknya Anda memeriksakan diri dan waspada.

Jika bintik-bintik selama kehamilan disertai dengan pusing atau pingsan, demam tinggi, keputihan jaringan rahim, kram perut bagian bawah atau sakit parah, dan perdarahan hebat dengan atau tanpa rasa sakit, segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dalam beberapa kasus, flek selama awal kehamilan akan berakhir dengan keguguran.
Keyword :
flek hamil flek saat hamil flek saat hamil muda flek tanda hamil flek hamil muda flek darah hamil flek pada hamil muda flek ketika hamil flek saat hamil 6 bulan flek hamil seperti apa flek saat hamil 5 minggu flek ibu hamil flek orang hamil flek pertanda hamil flek tanda hamil kapan terjadi flek tanda hamil atau haid beda flek hamil dan haid flek hamil 3 bulan flek hamil 2 bulan flek coklat hamil atau haid flek saat hamil haruskah mandi wajib flek tanda hamil berapa hari flek hamil berapa hari flek hamil tua flek darah hamil muda flek hamil 5 minggu flek di hamil muda flek hamil 6 minggu flek hamil 7 minggu flek hamil 5 bulan flek tanda hamil itu seperti apa flek hamil atau haid flek karena hamil flek waktu hamil flek coklat hamil 6 minggu flek coklat hamil 5 minggu flek hamil 7 bulan flek apakah hamil flek hamil 4 bulan flek coklat hamil 3 bulan flek hamil 6 bulan flek saat hamil 5 bulan setelah berhubungan flek coklat hamil 2 bulan flek hamil 8 bulan flek hamil muda berapa hari flek coklat hamil 7 bulan flek pertanda hamil atau haid flek awal hamil berapa hari flek tanda hamil berapa hari sebelum haid flek pada hamil 5 minggu flek pd hamil muda flek waktu hamil 2 bulan flek pada orang hamil flek ketika hamil 8 minggu flek saat hamil 6 minggu wajarkah flek saat hamil berapa lama flek ibu hamil 2 bulan flek hamil muda normalkah flek pada ibu hamil tua flek hamil terjadi kapan flek coklat hamil 8 bulan flek pada ibu hamil 9 bulan flek hamil 9 bulan flek pada hamil tua flek hamil muda berapa lama flek coklat hamil 6 bulan flek hamil 8 minggu flek hamil dan flek haid flek ibu hamil seperti apa flek orang hamil berapa hari flek pada hamil 6 minggu Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga Pilih Baja Ringan Berkualitas Mie Instan VS Nasi 5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol Hutang Luar Negeri dan Pembiayaan Sejarah Perkembangan Utang Luar Negeri Jangan Apatis dan Dayus Dimanakah Orang Tua Nabi Muhammad S.A.W.? Keindahan Alam Kota Tasikmalaya Apa Itu Salaf dan Salafi.? Nasyid Hawari Belahan jiwa Wajah Cerah Setiap Hari Secara Alami Manfaat Nutrisi Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar