Friday, March 23, 2018

10+ Penyebab Umum Nyeri Panggul

10+ Penyebab Umum Nyeri Panggul

10+ Penyebab Umum Nyeri Panggul

Anda merasakan nyeri pada panggul.?
Mungkin dibawah ini ada penyebabnya.

Ada beberapa penyebab umum pada nyeri panggul, diantaranya adalah :

1. Karena Adanya Radang usus buntu
Appendicitis atau peradangan usus buntu bisa menjadi salah satu sebab nyeri panggul. Secara umum biasanya nyeri pada panggul yang disebabkan oleh radang usus buntu ini pada sisi sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa menjadi lebih parah karena diperburuk saat mengejan ketika BAB atau saat batuk.

Sebaiknya usus buntu anda segera diobati dan diangkat agar tidak terjadi sakit panggul secara terus menerus.


2. Iritable bowel syndrome (IBS)
Penyebab sakit panggul selanjutnya adalah Iritable bowel syndrome (IBS) atau peradangan yang terjadi pada usus besar yang mampu menyebabkan kram yang bisa menyakitkan daerah panggul dan juga perut bagian bawah, sembelit, perut bagian bawah dan diare secara terus menerus.

3. Nyeri ovulasi
Penyebab sakit panggul yang merupakan sakit pada masa pelepasan pada sel telur dari indung ovarium atau ovulasi.  proses sakit ini bisa menyebabkan sakit panggul dan dinamakan sebagai mittelschmerz.

Lihat Juga : Askep Hernia

4. Kehamilan ektopik
penyebab sakit panggul selanjutnya yaitu efek saat sel telur sudah dibuahi menempel dan sudah mulai berkemabang di tempat selain dari Rahim, proses perkembangan ini disebut kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik ini bisa terjadi pada rongga perut, tuba falopi, ovarium, leher Rahim atau serviks. Kehamilan ektopik ini disebut juga sebagai hamil diluar kandungan.

5. Penyakit kelamin
Penyakit kelamin bisa menjadi penyebab sakit panggul. Beberapa penyakit kelamin yang bisa menyebabkan sakit panggul baik kepada wanita maupun kepada laki-laki. Memang tidak semua penyakit kelamin bisa menyebabkan gejala sakit panggul, namun yang bisa menjadi gejala umum anda akan merasa sakit ketika buang air kecil, keluar air penis dan keputihan abnormal.

Lihat Juga : Askep Stroke

6. Penyakit radang panggul
Penyebab sakit panggul yang satu ini pastinya tidak asing. Radang panggul (PID) disebabkan karena bakteri yang bisa menyerang area panggul dan sekitarnya (serviks, ovarium, Rahim dan tuba falopi) yang bisa menular.

7. Endometriosis
Endometriosis bisa menjadi penyebab sakit panggul. Endometriosis ini merupakan pertumbuhan jaringan lapisan dinding dalam Rahim menjadi diluar Rahim.


8. Interstitial cystitis (IC)
Penyebab sakit panggul selanjutnya adalah Interstitial cystitis (IC) yaitu merupakan penyakit kronis yang bisa mengakibatkan tekanan dan juga nyeri pada kandung kemih. Penyakit ini bisa terjadi baik kepada pria maupun wanita.

9. Fibroid rahim
Penyebab sakit panggul yang merupakan tumbuhnya tumor jinak dalam Rahim disebut fibroid. Sensasi yang diakibatkan firoud ini bisa terjadi seperti sensasi berat/sesak dan serasa perut tertekan bagian bawah.

Lihat Juga : Askep HIV-AIDS

10. Penyebab lainnya
selain penyebab utama sakit panggul diatas, ada beberapa penyebab sakit panggul lainnya. Diantaranya adalah :
  • Batu ginjal
  • Diverticulitis
  • Fibromyalgia
  • Gejala PMS umum
  • Infeksi saluran kemih
  • Inguinal hernia
  • Kanker usus
  • Kista dan kanker ovarium
  • Penyakit Crohn
  • Sindrom kongesti panggul
  • Vulvodynia


Lihat Juga : 
2 Penyebab Utama Penyakit Kolesterol

Keyword : nyeri panggul belakang
nyeri panggul kanan
nyeri panggul kiri
sakit pinggul sebelah kanan pada wanita
nyeri panggul sebelah kiri pada wanita
obat nyeri panggul
penyebab sakit pinggul sebelah kanan
dimana letak panggul wanita

Source : antontasik.com
nasihatkesehatan.blogspot.com
salingshare10.blogspot.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Cintapada Berdaya