Pola Hidup Sehat Mencegah Stroke - Info Kesehatan Terbaik

Selasa, 29 Januari 2019

Pola Hidup Sehat Mencegah Stroke

Pola Hidup Sehat Mencegah Stroke

Tidak hanya pada lansia (lansia), stroke dapat terjadi pada usia yang lebih muda. Menurut Departemen Kesehatan, stroke adalah salah satu penyebab utama kematian di hampir semua rumah sakit di Indonesia. Sebelum stroke yang mengancam, Anda dapat mengubah kebiasaan harian Anda untuk membuatnya lebih sehat.

Stroke terjadi ketika darah yang mengalir ke otak terganggu oleh perdarahan atau gumpalan darah. Yang lebih berbahaya lagi adalah bahwa stroke pada remaja tidak selalu memiliki gejala spesifik, sehingga diagnosis sering terlambat dan menyebabkan kecacatan permanen.

Mulai dari kebiasaan sehari-hari

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, risiko stroke meningkat. Selain itu, penyakit pembuluh darah seperti oklusi vaskular (aterosklerosis) atau struktur pembuluh darah abnormal di otak juga dapat menyebabkan stroke.

Sebagai bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari yang baik, menjalani gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko stroke. Berikut adalah beberapa tips untuk gaya hidup sehat:

  • Perbaiki diet
Pola makan yang tidak sehat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang meningkatkan risiko stroke. Mulailah dengan memperbaiki pola makan Anda dengan membatasi asupan garam untuk menghindari makan berlebihan, yang tidak lebih dari satu sendok teh per hari.

Selain itu, atur makanan yang sehat dan seimbang, pilih makanan rendah lemak, dan tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Anda juga dapat memilih ikan, ayam, dan daging tanpa lemak. Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan berminyak dan batasi konsumsi alkohol, yang dapat meningkatkan tekanan darah, berat badan, dan meningkatkan risiko stroke.

  • Olahraga teratur
Kelebihan berat badan dan tidak aktif bergerak meningkatkan risiko stroke. Olahraga teratur dapat membantu menjaga berat badan normal, tekanan darah dan kadar kolesterol. Datang dan cobalah hidup setidaknya 30 menit sehari atau 2,5 jam seminggu, seperti berjalan cepat atau bersepeda.

  • Berhenti merokok
Merokok menyebabkan arteri berkontraksi, meningkatkan risiko pembekuan darah dan stroke. Karena itu, Anda harus segera berhenti merokok. Berusahalah juga untuk tidak menjadi perokok pasif. Asap rokok yang sering di sekitar perokok dan pernapasan juga memiliki risiko menyebabkan stroke.

  • Menekan Stress
Hati-hati, wanita dua kali lebih mungkin menderita kecemasan dan depresi dibandingkan pria. Stres dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon, meningkatkan tonus pembuluh darah, dan meningkatkan tekanan darah.

Inilah sebabnya mengapa stres jangka panjang yang berlebihan meningkatkan risiko stroke. Agar tidak mudah stres, kembangkan kebiasaan fokus hanya pada satu tugas.Ketika Anda merasa tertekan, cobalah bernapas atau tinggalkan ruangan sejenak untuk menenangkan diri.



Jika perubahan gaya hidup sehat dapat mencegah stroke ini menjadi lebih baik dengan keluarga Anda. Jika dilakukan bersama, perubahan akan menjadi lebih mudah. Jika Anda memiliki faktor-faktor risiko di atas, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk perawatan yang tepat untuk mencegah stroke.

Datang dan mulai gaya hidup sehat bersama keluarga Anda sehingga Anda dapat terhindar dari stroke.

Pola Hidup Sehat Mencegah Stroke

Lihat Juga : 

Keyword : artikel pola hidup sehat, jadwal pola hidup sehat, pola hidup sehat penjaskes, manfaat pola hidup sehat, makalah pola hidup sehat, contoh pola hidup sehat, pola hidup sehat ppt, 7 cara hidup sehat, olahraga untuk mencegah stroke, cara mencegah stroke di usia muda, cara mencegah stroke dan jantung, pencegahan stroke pdf, makanan pencegah stroke, stroke ringan bisa disembuhkan, pertolongan pertama pada gejala stroke ringan, komplikasi stroke, artikel pola hidup sehat, jadwal pola hidup sehat, pola hidup sehat penjaskes, manfaat pola hidup sehat, makalah pola hidup sehat, contoh pola hidup sehat, pola hidup sehat ppt, 7 cara hidup sehat, olahraga untuk mencegah stroke, cara mencegah stroke di usia muda, cara mencegah stroke dan jantung, pencegahan stroke pdf, makanan pencegah stroke, stroke ringan bisa disembuhkan, pertolongan pertama pada gejala stroke ringan, komplikasi stroke, artikel pola hidup sehat, jadwal pola hidup sehat, pola hidup sehat penjaskes, manfaat pola hidup sehat, makalah pola hidup sehat, contoh pola hidup sehat, pola hidup sehat ppt, 7 cara hidup sehat, olahraga untuk mencegah stroke, cara mencegah stroke di usia muda, cara mencegah stroke dan jantung, pencegahan stroke pdf, makanan pencegah stroke, stroke ringan bisa disembuhkan, pertolongan pertama pada gejala stroke ringan, komplikasi stroke, artikel pola hidup sehat, jadwal pola hidup sehat, pola hidup sehat penjaskes, manfaat pola hidup sehat, makalah pola hidup sehat, contoh pola hidup sehat, pola hidup sehat ppt, 7 cara hidup sehat, olahraga untuk mencegah stroke, cara mencegah stroke di usia muda, cara mencegah stroke dan jantung, pencegahan stroke pdf, makanan pencegah stroke, stroke ringan bisa disembuhkan, pertolongan pertama pada gejala stroke ringan, komplikasi stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar