Friday, November 9, 2018

Info Seputar Cantengan

Info Seputar Cantengan

Info Seputar Cantengan

Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan dan rasa sakit di sudut ujung jari, karena pertumbuhan sisi kuku menonjol, sehingga merusak kulit. Ini sering terjadi pada jari kaki besar, terutama pada orang-orang dengan kuku melengkung atau paku yang tebal. Cantengan dapat terjadi pada kaki atau sepasang kuku.

Meski cantengan bisa disembuhkan, kondisi ini bisa kambuh atau menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan baik. Komplikasi dari cantengan bisa parah, terutama pada penderita diabetes atau penyakit vaskular.

Gejala Cantengan

  • Gejala umum cantengan meliputi:
  • Nyeri saat menekan paku dengan kekuatan.
  • Cairan terakumulasi di jari-jari kaki.
  • Pengalaman cantengan pendarahan kuku.
  • Nanah berwarna putih atau kuning.
  • Radang kulit di ujung jari kaki.
  • Kulit kaki mengalami pertumbuhan berlebihan.
  • Darah pada kuku cantengan, nanah dan kulit yang tumbuh terlalu besar adalah gejala infeksi kuku. Karena itu, jika gejala infeksi terjadi, kuku yang sering terjadi harus segera diobati untuk menghindari kerusakan.

Penyebab Cantengan

  • Cantengan sangat umum, Penyebab utamanya adalah sebagai berikut:
  • Kliping kuku tidak benar. Jika kuku kaki dipotong terlalu pendek atau menembus tepi kuku, kulit jari kaki akan tumbuh secara tidak normal dan menembus kulit.
  • Bentuk kuku. Bentuk kuku yang bergigi membuatnya lebih mudah bagi kuku untuk menembus kulit.
  • Kaki berkeringat. Keringat di kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga bisa dimasukkan ke kulit.
  • Cedera kaki. Cedera pada kaki, misalnya karena tersandung atau menendang benda keras secara tidak sengaja, dapat menyebabkan kerusakan pada kuku atau adhesi kuku pada kulit.
  • Gunakan sepatu atau kaus kaki ketat atau sempit. Kaus kaki dan sepatu yang sempit akan menekan kuku jari kaki sehingga dapat menembus kulit.
  • Perawatan kaki yang buruk.
  • Faktor genetik.
Beberapa aktivitas fisik, terutama yang melibatkan menendang ke benda keras, bisa memicu cantengan. Contoh kegiatan olahraga ini meliputi:
  • Ballet.
  • Sepak bola.
  • Rugby.
  • Taekwondo.

Diagnosis Penyakit Cantengan

Cantengan dapat dengan mudah didiagnosis dengan mengalami pemeriksaan kaki cantengan. Namun, dalam beberapa kasus, diperlukan pemindaian sinar-X, terutama pada cantilevers yang disebabkan oleh cedera jari kaki. Pemindaian sinar X juga dapat memberikan gambaran kedalaman kuku yang menembus kulit dan menyebabkan cantengan.

Penanganan Cantengan di rumah

Untuk mencegah infeksi jari yang mengalami cantengan atau mencegahnya menjadi lebih parah, langkah perawatan bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah menjaga kebersihan kulit dengan rutin menggunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan kulit. Lakukan empat kali sehari selama sekitar 20 menit setiap kali.

Dengan bantuan cotton buds, cobalah untuk menjauhkan kulit dari kuku Anda. Atau, jika perlu, gunakan kapas atau benang gigi untuk menghalangi celah antara kulit dan kuku untuk membantu kuku tumbuh di kulit. Metode ini bisa menyakitkan, jadi Anda harus melakukannya perlahan dan mendapatkan bantuan dengan minyak zaitun.

Cara lain untuk menghentikan tekanan kuku pada kulit adalah dengan memotong kuku yang lurus. Selain itu, kenakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman sehingga tidak menghambat kulit. Jangan lupa mengganti kaos kaki Anda secara teratur.

Anda dapat mengambil obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan parasetamol tergantung pada usia, dosis dan instruksi dari paket.

Anda juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari-jari Anda dengan canthant untuk mencegah infeksi. Setelah menggunakan antibiotik, tutupi nyeri jari dengan perban kasa.

Diperlakukan oleh dokter

Cari pertolongan medis jika ada tanda-tanda infeksi pada tali yang Anda alami, seperti nanah, perdarahan atau sangat iritasi. Selain itu, jika Anda seorang penderita diabetes, perawatan oleh dokter diperlukan karena diabetes dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka.

Dalam kasus cantengan parah, dokter biasanya mengambil bentuk operasi pengangkatan kuku. Ada dua jenis operasi, yaitu penghilangan sebagian operasi kuku dan pengangkatan seluruh operasi kuku.

Hal ini lebih sering diterapkan untuk menghilangkan sebagian kuku pada sisi yang mengalami kemiringan karena tindakan ini sangat efektif. Anestesi lokal dilakukan di situs untuk dibedah sebelum kuku diangkat. Kemudian setelah melepas sebagian kuku, jari akan diberi cairan fenol untuk mencegah pembengkokan berulang. Jika kuku tebal dan menempel di kulit sekitarnya, beberapa kuku tidak bisa dilepas. Jika ini terjadi, semua penghapusan kuku akan diterapkan.

Setelah operasi untuk mengangkat kuku, dokter akan menempelkan perban tertutup ke jari kaki. Biasanya perban akan dilepas dalam 2 hari. Disarankan agar pasien mengangkat kaki sedikit selama 1-2 hari. Juga dianjurkan agar pasien tidak terlalu banyak bergerak selama penyembuhan setelah operasi jari kaki.

Jika perlu, dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit dan antibiotik selama periode penyembuhan. Selain itu, pasien disarankan untuk tidak memakai sepatu tanpa sandal, dan sering menggunakan air garam untuk membersihkan kuku sampai benar-benar pulih.

Setelah beberapa bulan, kuku yang ditarik hanya bisa tumbuh sebagian. Namun, jika kuku benar-benar dihapus, termasuk matriks kuku, mungkin diperlukan waktu hingga 1 tahun untuk tumbuh lagi.

Pencegahan Cantengan

Ada beberapa cara untuk mencegah cantengan, termasuk:
  • Jangan memotong kuku menjadi kurva sesuai dengan lekukan ujung jari Anda. Potong kukunya lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Gunakan kikir kuku khusus atau batu apung untuk mengangkat kulit yang keras atau mati di sekitar kuku Anda.
  • Gunakan kaus kaki atau sepatu yang nyaman dan jangan menekan jari-jari kaki Anda.
  • Selalu jaga kaki Anda bersih dan gunakan pelembab.
  • Jika perlu, temui dokter Anda secara teratur untuk memeriksa kesehatan kaki Anda.

Lihat Juga :

Keyword :
cantengan cantengan kuku mengobati cantengan cantengan adalah cantengan parah cantengan sampai dagingnya keluar cantengan bahasa medis cantengan di tangan cantengan jari tangan cantengan di jari tangan cantengan tangan cantengan ke dokter apa cantengan obatnya cantengan jempol tangan cantengan itu apa cantengan di jempol tangan cantengan pada tangan salep cantengan untuk bayi cantengan pada kuku tangan download video bantengan 3gp luka cantengan cantengan yang sudah parah cantengan di kuku cantengan tak kunjung sembuh cantengan artinya cantengan istilah kedokteran cantengan di jempol kaki cantengan di kaki cantengan jempol kaki cantengan jempol kaki bernanah cantengan jempol kaki parah cantengan kaki cantengan kuku jempol kaki cantengan pada jempol kaki cantengan pada kaki obat cantengan obat cantengan di apotik obat cantengan di jempol kaki obat cantengan jari tangan obat cantengan jempol kaki obat cantengan jempol tangan obat cantengan yang ampuh obat cantengan yang sudah parah cantengan cantengan kuku mengobati cantengan cantengan adalah cantengan parah cantengan sampai dagingnya keluar cantengan bahasa medis cantengan di tangan cantengan jari tangan cantengan di jari tangan cantengan tangan cantengan ke dokter apa cantengan obatnya cantengan jempol tangan cantengan itu apa cantengan di jempol tangan cantengan pada tangan salep cantengan untuk bayi cantengan pada kuku tangan download video bantengan 3gp luka cantengan cantengan yang sudah parah cantengan di kuku cantengan tak kunjung sembuh cantengan artinya cantengan istilah kedokteran cantengan di jempol kaki cantengan di kaki cantengan jempol kaki cantengan jempol kaki bernanah cantengan jempol kaki parah cantengan kaki cantengan kuku jempol kaki cantengan pada jempol kaki cantengan pada kaki obat cantengan obat cantengan di apotik obat cantengan di jempol kaki obat cantengan jari tangan obat cantengan jempol kaki obat cantengan jempol tangan obat cantengan yang ampuh obat cantengan yang sudah parah Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dan Kusam Cara Membuat Wajah Putih Bersih Cara Memutihkan Wajah Pria dan Wanita Alami Apakah Rebo Wekasan Itu HARI SIAL.? Kondisi Ekonomi Indonesia 2017 Sejarah Pemikiran Ekonomi Menurut Ibnu Syai’bani Hukum Cadar Dalam Islam Membalikan Kedua Tangan Penyakit Kuning Solat Dibelakang Imam beda Madzhab Jenis Harta Dalam Islam Ayat-Ayat Tentang Harta AntonTasik

0 comments:

Post a Comment