Friday, April 6, 2018

8 Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

8 Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

8 Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

Buah mangga memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil. Selain berfungsi sebagai sumber energi, kandungan gizi dan serat di mangga juga membantu mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan. Mari kita simak komentar lengkapnya di bawah ini!

Lihat Juga : 6 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Manfaat mangga bagi ibu hamil erat kaitannya dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Saat hamil, ibu sering membutuhkan makanan atau minuman manis. Kemudian, dibandingkan dengan makanan ringan lainnya seperti kue atau permen, buah mangga bisa menjadi solusi kudapan sehat. Buah mangga tidak hanya manis dan segar, tetapi juga kaya nutrisi, juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Pelajari tentang 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil


Jus mangga kaya vitamin A, vitamin C, zat besi, vitamin B6, serat, kalium dan asam folat merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Berikut ini isi dan manfaat mangga bagi ibu hamil:

1. Vitamin A

Salah satu manfaat mangga bagi ibu hamil terletak pada kandungan vitamin A-nya. Selain efeknya yang bermanfaat pada kesehatan kulit dan mata, perkembangan vitamin A pada janin, jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, sistem sirkulasi darah, sistem pernafasan dan kandidat sistem saraf pusat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda. Vitamin A juga penting untuk wanita hamil karena membantu memperbaiki jaringan postpartum. Nutrisi ini juga membantu melawan infeksi, mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu metabolisme lemak, dan bahkan menjaga penglihatan normal.

Namun, asupan vitamin A oleh wanita hamil tidak boleh melebihi rekomendasi dokter. Perhatikan bahwa asupan vitamin A yang berlebihan, terutama jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin A, karena vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan kecacatan janin.

Lihat Juga : 5 Resiko Kehamilan Karena Makanan Manis

2. Vitamin C

Buah mangga adalah salah satu sumber vitamin C terbaik. Wanita hamil dan janin membutuhkan asupan vitamin C setiap hari, karena zat ini harus dibuat pada kolagen tubuh, yang merupakan protein tulang rawan, tendon, tulang dan komponen kulit. Vitamin C sangat penting untuk perbaikan jaringan, penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, dan kesehatan kulit untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi dan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel manusia dari kerusakan. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi.

3. Zat Besi

Kandungan besi di mangga membantu mencegah defisiensi besi yang dapat menyebabkan anemia selama kehamilan. Anemia berat selama kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan bahkan ibu hamil yang mengancam jiwa dan janin yang dikandungnya. Tubuh menggunakan besi untuk menghasilkan hemoglobin, suatu zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, tubuh memasok darah dan oksigen ke janin.Saat pasokan darah janin meningkat, begitu juga kebutuhan zat besi.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Kuas MakeUp.!

4. Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 pada mangga memainkan peran penting dalam perkembangan janin di rahim. Vitamin ini sangat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Selain itu, vitamin B6 juga membantu mengatasi masalah morning sickness selama kehamilan dengan menjaga kadar gula darah yang sehat dan mencegah beberapa masalah bayi baru lahir seperti eksim dan berat badan lahir rendah.

5. Kalium

Manfaat buah mangga kepada wanita hamil lainnya adalah mencegah kram kaki selama kehamilan. Kandungan kalium di mangga memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel di dalam tubuh. Kalium juga penting untuk menyediakan konduksi saraf dan membantu kontraksi otot. Volume darah meningkat hingga 50% selama kehamilan, jadi Anda perlu elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Lihat Juga : 5 Penyebab Penuaan Dini

6. Asam folat

Asam folat yang ditemukan dalam mangga juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Telah diketahui bahwa asam folat dijuluki "pahlawan super" untuk kehamilan. Asam folat dapat mencegah cacat lahir di otak bayi dan sumsum tulang belakang. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam eritropoiesis dan berkontribusi terhadap perkembangan tabung saraf janin dan sumsum tulang belakang.

7. Serat

Wanita hamil membutuhkan asupan serat untuk mencegah sering sembelit selama kehamilan. Meningkatkan hormon progesteron selama kehamilan dapat menyebabkan relaksasi otot-otot tubuh, termasuk usus. Pergerakan usus yang lambat berarti pencernaan juga akan melambat dan akhirnya menyebabkan konstipasi.

8. Kalori tinggi

Mangga termasuk buah-buahan berkalori tinggi. Buah mangga bisa menjadi camilan sehat untuk ibu hamil di trimester ketiga, dan permintaan kalori akan meningkat selama trimester ketiga kehamilan.

Lihat : Makalah waralaba

Apa yang harus diperhatikan saat makan buah mangga

Untuk wanita hamil dengan diabetes gestasional, membatasi asupan mangga adalah ide yang bagus. Alasannya adalah mangga mengandung kadar gula yang tinggi.

Buah mangga dapat disajikan dalam irisan buah segar, jus, smoothie atau kue. Ini bagus, dan ibu saya juga memperhatikan bahwa kadar gula dan kalori ditambahkan dalam bentuk pemanis dan krim.

Untuk memastikan bahwa mangga yang dibeli oleh ibu di pasar adalah buah mangga matang ketika musim tiba, dan tidak akan matang dengan bahan kimia atau "kapotan". 'Karbitan' buah dewasa biasanya menggunakan bahan kimia yang mengandung arsenik dan fosfor dan dapat meracuni ibu dan embrio. Mangga yang matang 'karbitan' juga bisa menimbulkan efek samping seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, mengantuk, kebingungan, gangguan mood, sariawan, kejang dan kesemutan.

Untuk memaksimalkan manfaat mendapatkan mangga bagi ibu hamil, jangan lupa untuk memastikan kebersihan buah mangga dan kebersihan tangan sebelum diproses dan makan. Cuci buah mangga dulu. Kupas dan potong terbuka. Hindari makan daging langsung dari kulit.


Source : Antontasik.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Cintapada Berdaya