Bahaya Tato Bagi Kesehatan Tubuh - Info Kesehatan Terbaik

Jumat, 21 September 2018

Bahaya Tato Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Tato Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk beberapa kalangan, tato masih dianggap tabu. Dalam pandangan mereka, setidaknya tato dianggap gambar buruk: penuh dengan kekerasan, sering dekat dengan dunia jahat. Namun seiring berkembangnya zaman, tato kini juga dianggap sebagai bagian dari produk kecantikan. Penggemar juga meluas ke selebriti, atlet, eksekutif muda, remaja dan ibu rumah tangga.

Khusus untuk kaum muda, perkembangannya sangat pesat. Berdasarkan sekitar 36% dari pemuda bangsa (usia 14 tahun) dua tahun lalu, hampir rajahan patung idola, bunga dan berbagai ornamen diselidiki di dalam tubuh.

Lihat Juga : 3 Pendapat Ulama tentang Hukum Sunat Bagi Perempuan

Namun, di sisi lain, ada fenomena berbeda. Daripada meningkatkan jumlah penggemar, kembalinya orang bertato tidak seserius itu. Pertanyaan terakhir dapat dilihat pada hasil survei terbaru pada akhir tahun lalu. Menurut survei, 50% dari sekitar 10 juta orang bertato rupanya ingin menghilangkan Raja Khan. Mereka membuat banyak alasan. Saya bosan karena sulitnya mencari pekerjaan. Bahkan beberapa orang tidak menyesal.

Jika Anda melihat lebih dekat, mereka yang menyesal akan memiliki beberapa motif yang menarik. Mereka mengatakan bahwa tato juga dapat berdampak negatif pada kesehatan. Sebagai contoh, seperti yang dialami Karl Fredrik Ljungberg, dia sekarang bermain di Arsenal. Pria berusia 30 tahun ini telah berada di klub papan atas Liga Premier selama sembilan tahun. Namun, kekuatannya di lapangan hampir tidak pernah terlihat dalam tiga tahun terakhir. Alasannya adalah bahwa sejak saat itu, dia sering duduk di bangku cadangan.

Lihat Jug : Apa Status Anak Dari Hasil Nikah Mut’ah.?

Ternyata, pelatih Arsenal memiliki alasan yang kuat untuk mengistirahatkan Ljungberg dalam waktu yang lama. Untuk alasan ini, pemain Swedia sering diserang oleh sakit kepala tiba-tiba (migrain). Sayangnya, sakit kepala bisa berlangsung selama dua minggu.

Setidaknya tim dokter yang menangani itu kehilangan kesabaran. Mereka menghabiskan lebih dari satu tahun untuk melacak kondisi idola. Awalnya, tim dokter berpikir bahwa pusing kepala Ljungberg disebabkan oleh kanker. Namun, setelah proses pemeriksaan yang panjang, final (Mei 2005) juga menemukan bahwa pelakunya adalah: karena racun berasal dari tinta tato.

Seperti kebanyakan selebriti di dunia, hal yang sama berlaku untuk Ljungberg. Dia merobek tubuhnya dengan dua gambar panther hitam (kumbang), masing-masing di kanan dan punggungnya. Menurut dokter yang memeriksanya, Ljungberg awalnya alergi terhadap tinta tato. Alergi ini menyebabkan reaksi pada jaringan limfoid lumbar, menyebabkan peradangan pada jaringan saraf. Saraf yang terganggu ini diduga menyebabkan migrain.

Lihat Jug : Apa Hukum Oral Sex Dalam Islam.? (menjilati klitoris istri)

Seorang remaja yang tinggal di Burlington, Vermont, pernah mengalami kasus serupa. Bahkan pemain berusia 19 tahun memiliki dampak negatif yang lebih kuat. Karena tato pada dirinya, dia dijatuhi hukuman penyakit yang sangat berbahaya, tidak ada obat, lupus eritematosus sistemik (lupus). Menurut dokter yang menanganinya, ia mungkin terkena lupus karena terkontaminasi dengan virus di tato.

Bahkan, mereka yang suka tato rentan terhadap berbagai penyakit. Anda lihat, tato juga berarti menyakiti tubuh. Dokter mengatakan: "Dari luka ini biasanya ada banyak bibit penyakit yang masuk ke tubuh." Ilma Bernadette Simbolon, dermatovenereulogist (dermatologi) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Ketika jarum tato mulai menembus bagian tubuh yang terkena, bahkan rasa sakit dirasakan sejak awal. Seringkali, kerusakan yang diakibatkannya juga dapat menyebabkan iritasi, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk terinfeksi. Jika ini kasusnya, korban akan mengalami demam suhu tinggi. Dalam situasi yang rapuh seperti itu, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap bakteri.

Sangat mahal untuk menghapusnya

Risiko lain adalah potensi kerusakan yang disebabkan oleh jarum tato. Karena sering digunakan beberapa kali, kemungkinan terkontaminasi oleh benih penyakit menjadi lebih bebas. Dan transmisi menjadi lebih efektif karena jarum sering menembus ke pembuluh darah dan jaringan syaraf. Untuk alasan keamanan, pastikan bahwa setiap jarum steril dan digunakan hanya sekali.

Hal yang sama berlaku untuk tinta tato. Biasanya, banyak di pasaran, tinta diklasifikasikan sebagai unsur logam berat seperti arsenik, merkuri, perak, emas, dan strontium, yang merupakan bahaya kesehatan. Sama seperti tinta tato yang biasa digunakan oleh beberapa orang pribumi di dalamnya. Karena terbuat dari herbal, tinta sering lebih aman.

Lihat Juga : Mengatasi Wajah keriput Dengan Cepat, Alami dan Halal

Dalam ilmu kedokteran, tindik tubuh didefinisikan sebagai tindakan yang disengaja yang dapat menyebabkan kelainan kulit. Selain tato, kelainan kulit juga bisa disebabkan oleh sengatan matahari yang berlebihan, efek obat dan paparan bahan kimia. Prinsipnya adalah semakin banyak tato, semakin besar risiko interferensi. "Jika gambar tato telah mencapai setengah dari permukaan tubuh, maka tubuh orang itu kemungkinan telah diracuni," kata Emma.

Mungkin karena itu karena pentingnya sehat, menurut Irma, tren tato yang belakangan ini dimaksudkan untuk mengeluarkan rajahan dari tubuh sangat tinggi. Lihatlah orang-orang yang datang ke klinik. “Dalam sebulan, saya rata-rata tiga pasien yang ingin menghilangkan gambar tato,” dokter itu juga staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pada prinsipnya, untuk menghilangkan tato, lapisan kulit harus dikupas atau dibakar. Untuk alasan ini, teknologi yang paling populer adalah sinar laser (Q-switched laser), yang telah dikenal sejak 1990 di Indonesia. Kelebihan metode ini tidak menyebabkan rasa sakit. Ini dimungkinkan karena pasien akan dibius secara lokal sebelum iradiasi. Selain itu, hasilnya dapat dimaksimalkan, yaitu gambar Rajahan dapat dihapus sepenuhnya.

Lihat Juga : Cream Untuk Wajah Kering Yang Aman, Alami dan Cepat

Jika ada kekurangan, itu akan menjadi jumlah yang kecil. Untuk sebagian besar ukuran, biayanya bahkan sangat mahal. Hanya untuk menyingkirkan tato ukuran kartu kredit, Anda membutuhkan setidaknya 50 juta rupiah - itu masih jauh lebih mahal daripada tato, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Bayangkan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menyingkirkan rajahan di tubuh Anda?

Biaya untuk menghilangkan tato menggunakan teknologi Q-switch bisa tinggi karena investasinya sangat tinggi. Untuk pengadaan peralatan saja, dana harus setinggi 1 miliar rupee.

Tato, karena terasa lebih maskulin atau cantik, dapat mendorong seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun, jika Anda mengingat pengaruh buruk tersebut, maka favorit orang ini sangat mengerikan. Boro-boro bisa memamerkan kecantikan dan kita berisiko terinfeksi penyakit berbahaya. Jadi, masih tertarik dengan wajah?

Lihat Juga :

Keyword :
dampak positif tato, penyakit tato, bahaya tato, hukum tato, negatif tato, larangan tato, Bahaya Tato dan Tindik Pada Kulit, Bahaya penggunaan tato, tubuh penuh tato,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar