Tuesday, February 6, 2018

2 Penyebab Utama Penyakit Kolesterol

2 Penyebab Utama Penyakit Kolesterol

Penyebab dari kolesterol tinggi ( kolesterol jahat atau LDL tinggi ) memiliki berbagai penyebab yang dapat mempengaruhinya, namun juga bisa dibedalan menjadi Dua (2) factor penyebab kolesterol tinggi, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

1. Faktor penyebab interenal kolesterol tinggi, ialah seperti :


  • Faktor keturunan ini bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, terutama pada riwayat seorang penderita kolesterol tinggi.
  • Ras dan atau suku bangsa tertentu di dunia memiliki resiko terkena oleh penyakit kolesterol dan lebih tinggi resikonya, seperti Bangladesh, India, Sri lanka, atau Pakistan sampai ras dan suku bangsa juga bisa menyebabkan penyakit kolesterol tinggi.
  • Kegemukan dan memiliki lingkar pinggang besar bisa menjadikan suatu sebab kolesterol tinggi, kegemukan ini bisa diakibatkan karena faktor keturunan, bisa juga dikarenakan faktor gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang berolah raga.


2. Faktor penyebab eksternal kolesterol tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi eksternal ini, menjadi faktor penyebab umum dari kolesterol tinggi, karena faktor ini berkaitan dengan gaya hidup seseorang yang terkena penyakit kolesterol. Gaya hidup yang kurang sehat ini bisa disadari atau tidak disadari bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam tubuhnya, ini adalah beberapa contoh gaya hidup kurang sehat, seperti :

  • Kebiasaan  untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, dan  penyebab terbesar kolesterol tinggi ini ialah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Makanan-makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya antara lain jeroan, otak sapi, santan, daging bebek, daging kambing, kulit ayam, dengan kulit, kerang, cumi, udang dan telur burung puyuh.
  • Kebiasaan jarang untuk berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik juga bisa menyebabka kolesterol tinggi karena dengan berolah raga, kita dapat menguraikan lemak yang terkandung di dalam tubuh termasuk lemak kolesterol ini.
  • Kebiasaan untuk merokok, pada rokok bisa kita temukan sebuah zat kimia yang bisa disebut akrolein. Zat ini bisa menghentikan aktivitas pada HDL atau kolesterol baik untuk bisa mengangkut timbunan lemak yang diangkut dari tubuh menuju hati untuk dikeluarkan, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi.
  • Kebiasaan negative dan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, tidak hanya menjadi salah satu dari penyebab kolesterol tinggi dan keseringan mengkosumsi minuman keras ini juga bisa berdampak dan menyebabkan  kerusakan hati dan penyakit hati.

banner
Previous Post
Next Post

0 comments: